Saturday, October 10, 2015

Analisis Tampilan (User Interface) E-Commerce Mataharimall.com



Tulisan “lantai” tertutup oleh ikon nomor lantainya
Tulisan ini sebenarnya tidak terlalu penting, maka dari itu kami mengusulkan solusi untuk menghapus tulisan tersebut.



Menu slide lantai baru muncul ketika user menscroll halaman ke lantai G
Menu slide tersebut sebaiknya ditempatkan mulai tampilan paling atas, sehingga user tidak perlu melakukan usaha untuk menscroll halamannya. Namun ada kemungkinan user akan bingung mengenai kegunaan menu tersebut, maka dari itu dibutuhkan keterangan “lantai” atau “floor” di atas menu


 


Kekurangan dari design interface “Dashboard Pembeli”:

  1.  Tampilan utamanya sangat membingungkan, karena tampak kosong. Baru jika di scroll ke bawah, terlihat kategori yang akan dipilih.
  2. Tulisan di pojok kiri atas seperti, pengiriman gratis, bayar di tempat, dan ratusan lokasi pengambilan harusnya dibedakan warnanya dengan tulisan sebelah pojok kanan atas, karena tulisan tersebut bukan hyperlink, dan tidak merujuk ke situs apapun.
  3. Tidak ada logo utama seperti situs e-commerce kebanyakan, sehingga sulit untuk kembali ke menu utama.
  4. Tidak ada perubahan tampilan utama atau notifikasi jika kita mem-filter barang yang kita inginkan.


Deskripsi karakteristik penting user dalam sistem. User sewajarnya ingin melakukan transaksi yang mudah, cepat dan tepat. Untuk aksesibilitas website tersebut cukup cepat namun kurang menarik walaupun cukup nyaman untuk dilihat.
Bagaimana atribut memengaruhi desain anda. Atribut yang baik dapat membuat pembeli kembali ke website yang kita miliki berulang kali karena kemudahannya.








Analisis review order

  1. Bagusnya nama penjual yang menjual barang tersebut diketahui
  2.  Bisa dicicil pula barang yang akan dibeli
  3. Cuma untuk tampilan deskripsi barangnya tidak menarik sehingga untuk membacanya menjadi males
  4. Beli hanya bisa satu satu, tidak bisa langsung banyak dengan barang yang berbeda








  1. Tampilannya kurang menarik dan terlalu memaksakan, terlihat dari pemakaian gambar manusia
  2. Terlalu percaya diri memajang tulisan yang mengatakan ecommerce no 1 di indonesia
  3. Dalam form registrasi tidak dicantumkan negara konsumennya sehingga ketika kroscek data tidak tahu pembeli darimana saja yang telah menggunakan ecommerce ini
  4. Prosesi keamanan data hanya menggunakan 2 konfirmasi saja yaitu konfirm password dan ceklis ketentuan dan layanan, tidak menggunakan kode capta yang dapat mengidentifikasi si user.
  5. Terlalu simple sehingga tidak ada yang menarik







 


Ringkasan Analisa Kategori dan Sub-Kategori.
Kelebihan :
1.       Warna Tema yang eye catching enak dipandang mata
2.       Kelengkapan Kategori dan Sub Kategori sangat membantu bagi customer
3.       Adanya detail harga jika dicicil dengan kartu kredit.
4.       Pem-filter-an barang dengan bagus

Kekurangan :
1.       Tampilan beberapa barang yang berdiskon ditata secara random tidak dengan berurut dari diskon terbesar. Membuat customer agak sulit membedakannya.
2.       Detai barang, Deskripsi barang, dan Spesifikasi barang yang tidak lengkap. Sangat merugikan customer jika membeli barang di Mataharimall.com

No comments:

Post a Comment